Getuk Goreng

Bisnis UKM saat ini menerima pemasangan Iklan Baris, informasi selengkapnya, baca Info Iklan

Mengenal Getuk Goreng Oleh – Oleh Khas Sokaraja, Banyumas.

Jogjakarta boleh punya bakpia, Semarang punya lumpia, tapi Sokaraja punya getuk goreng. Sokaraja merupakan kota kecil yang terletak sekitar 7 km timur Kota Purwokerto, kabupaten Banyumas. Kota yang masyarakatnya menggunakan bahasa Jawa dengan dialek Banyumasan atau ngapak ini memang dikenal sebagai pusat oleh-oleh getuk goreng. Bagi anda yang pernah melewati jalur utama selatan Jakarta-Bandung-Jogjakarta-Wonosobo pasti pernah melihat sejumlah pedagang yang menjajakan oleh-oleh getuk goreng. Salah satu kawasan yang menjadi pusat oleh – oleh ada di disepanjang Jl. Jenderal Sudirman Sokaraja.

Biasanya saat musim liburan sekolah, tahun baru, natal dan menjelang atau sesudah lebaran, kawasan ini ramai dipadati wisatawan yang ingin membeli getuk goreng sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Getuk goreng memang cocok untuk oleh-oleh karena dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari.

Getuk goreng dibuat dari singkong, dibumbui gula kelapa dan dikemas dalam besek (orang banyumas menyebutnya piti, yaitu kemasan dari anyaman bambu). Pemilihan besek sebagai kemasan menjadikan getuk goreng sebagai oleh-oleh yang menarik dan unik. Getuk goreng Sokaraja dijual Rp 7.000/besek kecil berisi kurang lebih 4 ons.

Ingin getuk yang hangat? bisa saja. Pedagang akan melayani permintaan pembeli dengan senang hati. Getuk bisa digoreng mendadak sehingga anda bisa langsung mencicipinya selagi hangat. Ada cerita unik dibalik nama besar getuk goreng. Penemuan makanan khas getuk sokaraja ini justru berawal dari ketidaksengajaan Pak Sanpringad, seorang penjual nasi keliling yang juga membuat getuk basah sebagai salah satu dagangannya.

Getuk basah yang beliau dagangkan tidak bisa terjual semua dan tidak mungkin dijual lagi karena pasti sudah basi. Dari sinilah lalu muncul ide untuk menggoreng getuk basah tadi agar awet, bisa tetap dikonsumsi dan kemudian bisa dijual. Tidak disangka, ternyata, makanan baru tersebut digemari oleh para pembeli.

Cemilan ringan inipun terus berkembang. Sekarang getuknya tidak berasal dari getuk yang tidak laku dijual tapi dari getuk yang memang sengaja untuk digoreng. Peminatnyapun kian hari kian bertambah. Dari hanya Pak Sanpringad yang menjual, sampai sekarang terdapat puluhan toko penjual getuk goreng di kota Sokaraja. Awalnya getuk goreng hanya mempunyai satu rasa dan aroma yaitu gula merah, tapi sekarang ada rasa dan aroma baru, coklat, durian, nangka dan lain-lain.

Ingin coba membuat getuk goreng sendiri? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan:

  1. 1 kg Singkong, kupas dan buang sabut tengahnya.
  2. 250 gr gula jawa, iris halus
  3. 75 gr tepung beras
  4. 1 sdm terigu
  5. Garam
  6. minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Potong-potong singkong dan rebus atau kukus hingga masak.
  2. Gula jawa dengan sedikit air direbus hingga lumat dan tercampur rata.
  3. Panas-panas lumatkan singkong dan beri gula sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Ratakan singkong di atas nampan, setebal 2 cm dan potong-potong kotak 4 x 5 cm
  5. Campur tepung beras, terigu, garam, dan air secukupnya hingga menjadi adonan yang agak kental.
  6. Panaskan minyak dan celupkan getuk ke adonan terigu sebelum digoreng.
  7. Goreng hingga kekuningan dan angkat.

(Sumber gambar: http://www.femina-online.com/images/kuliner/sbs08.jpg)

Beritahukan ke teman anda..
Share |

10 Responses to “Mengenal Getuk Goreng Oleh – Oleh Khas Sokaraja, Banyumas.”

  1. hardi on July 15th, 2009 10:16 pm

    saya dari kebumen,bagaimana kalau saya kulakan gethuk gorengnya untuk di jual di kebumen,apakah usaha ini peluangnya bagus,trima kasih

  2. Dara Titan Lutfia on July 21st, 2009 5:38 pm

    Salam Kenal Nama saya Eko Kadrianto .
    Alamat Desa Pasiraman Kidul Tumempek .
    Sebelum lebih jauh ,perkenalkan saya sendiri orang daerah Pasiraman Tumempek,dan sekarang saya tinggal di Sumatera Selatan,Kota Palembang.
    Sangat tertarik dengan makanan Kas daerah sendiri termasuknya karena kabupaten tempat saya tinggal dikampung adalah masih daerah banyumas.

    Bagaimana kalau saya mencoba ingin menjadikan Perwakilan makana getuk Goreng ini saya pasarkan di Kota Palembang dan sekitarnya?

    Dan apabila ada kesepakatan,sy akan persiapkan baik tempat maupun tenaga pemasaranya. kemana saya dapat menghubungi alamat yang bisa saya hubungi sehubungan dengan rencana penjualan Getuk Gorengnya?

    Salam dan Terima kasih
    Jawaban kami tunggu

  3. Rifqi on August 19th, 2009 5:23 pm

    Gethuk goreng Sokaraja emang “mak nyossss” …..

  4. Tukran on September 9th, 2009 1:55 pm

    Mau tanya apa getuk goreng sukaraja buka toko cabang di Jakarta atau dan sekitarnya Jakarta, jika ada tolong alamatnya ;

    Kalau mau pesan langsung ke Sokaraja apa bisa dari Bekasi, dan jika bisa bagaimana caranya ;

    terima kasih.

  5. trie hery on September 9th, 2009 8:21 pm

    wah hebat nich buat ngrayu hati calon mertua……………..he…he…he…
    tapi getuk kan juga bermacam-macam jenisnya dan berasal dari berbagi daerah jadi ditampilkan juga getuk-getuk yang lainnya. dan kalau bisa getuk modern yang cocok untuk anak muda tapi tidak meninggalkan kesan tradisionalnya, supaya anak muda Indonesia lebih suka produk dalam negeri terutama kulinernya…………. trims

  6. wahyuningsih on November 24th, 2009 3:05 pm

    oleh2 yang ga pernah ketinggalan kalo pulang kampung,,,… getuk goreng top abis…!!!
    heehhhhhhhhh….jadi pengen pulang kampung…

  7. sadiodianto on November 29th, 2009 10:13 pm

    saya sangat tertarik dg usaha getuk goreng & berminat buka usaha,posisi saya skrg di kota pekan baru.. bgmn kalau saya membuka usaha getuk goreng di sini? apakah saya hrs membwt sendiri/meracik sendiri atau mendatangkan getuk goreng siap saji dari soka raja langsung… mohon komentarnya..tks.

  8. Afandi on January 13th, 2010 11:34 am

    Bisa nggak ya saya dapet langsung Getuk Goreng dari Sokaraja. Soalnya, dulu waktu istri saya hamil, gak tau knp saya kepingin sekali makan getuk goreng. Perlu d ketahui saya tinggal di Pontianak,Kalbar. Saya sampe puter2 Pontianak caria, sapa tau ada yang jualan Getuk Goreng. Eh, beneran deh, skrg anak sy udh lahir and beneran “ngences”. Katanya sih, biar tu anak nggak ngences lagi, harus d cicpin tu getuk gorengnya. Mohon dong tanggapannya. Trims

  9. ragil on March 22nd, 2010 1:17 pm

    kebetulan saya adalah owner salah satu getuk goreng disokaraja, bisa pesan lewat email saya, atau yang mau kerjsama dengan saya bisa, anda yang buka toko saya pemasoknya, bisa dalam bentuk basah/ sudah di goreng.
    email saya danicka.mu@gmail.com
    facebook danickatoni

  10. Nikmatnya “Singkong Keju” | Informasi Bisnis-Peluang Usaha Kecil Menengah on March 30th, 2010 2:25 pm

    [...] menjadi makanan kelas bawah, buktinya sekarang telah dipatahkan anggapan-anggapan seperti diatas. Singkong Keju telah mengangkat nilai ekonomis dan [...]

Komentar untuk “Mengenal Getuk Goreng Oleh – Oleh Khas Sokaraja, Banyumas.”





(Tuliskan No Telp/HP yang bisa dihubungi)

informasi iklan
0 Responses

Poskan Komentar

abcs