Jenang Jaket

Berburu Jenang Jaket di Kota Satria

Jaket hanyalah kependekan dari jenang asli ketan. Penganan dari gula kelapa ini berasal dari Kota Keripik Purwokerto, Jawa Tengah.

Sudah sejak 1970-an, Kelurahan Mersi yang berada di Kecamatan Purwokerto Timur memproduksi jenang jaket. Variasi yang dibubuhkan demi membedakannya dengan jenang lain adalah wijen. Rasa gurih pun berpadu dengan manisnya jenang. Harga satu dus dengan wijen Rp 8.000,-an, jika Anda pesan tanpa wijen hanya Rp 7.000,-an dan sudah berisi 10 potong jenang di dalamnya.

Adalah Suharsah, seorang warga Mersi yang mengaku mendapat resep jenang ini dari warga etnik Tionghoa. Toh, tak ada lagi yang tahu siapa sang peracik itu. Yang jelas banyak masyarakat memesannya jadi oleh-oleh khas Purwokerto. Terutama dari sejumlah wilayah sekitar seperti Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara.

Pembuatan jenang jaket tak jauh berbeda dengan adonan jenang atau dodol pada umumnya. Santan kelapa dicampur gula dan wijen dimasak hingga mengental. Lalu sesudah masak, adonan diiris menjadi potongan kecil dan dibungkus plastik. Jenang ini tahan lama dan murah. Otomatis dagangan dari Mersi ini selalu laris manis diserbu turis. (LD/N-4/rmb)

0 Responses

Poskan Komentar

abcs